• Jalan Danau Sunter Utara, Rukan Sunter Permai, Blok D No. 20, Jakarta Utara

Gate Valve dirancang untuk membuka atau menghentikan aliran, dan ketika aliran fluida mengalir lurus serta membutuhkan pembatasan aliran minimum. Dalam penggunaanya, valve ini biasanya terbuka penuh atau tertutup penuh. Disk pada gate valve dilepaskan sepenuhnya saat katup terbuka penuh. disk ditarik sepenuhnya ke dalam Bonnet katup. Ini meninggalkan sebuah bukaan untuk aliran melalui katup dengan diameter dalam yang sama dengan sistem pipa tempat katup dipasang. Katup Gerbang dapat digunakan untuk berbagai macam cairan dan memberikan segel yang rapat saat ditutup.

Prinsip dan Cara Kerja

Prinsip dan cara kerja gate valve sangatlah sederhana. Komponen Gate Valve Komponen utama gate valve adalah body, seat, gate, stem, bonnet, dan actuator. Cara pengoperasinya sangatlah mudah, dengan memutar roda tangan maka stem akan berputar sehingga menggerakkan gerbang ke atas atau ke bawah melalui thread. Membutuhkan lebih dari satu putaran 360 ° untuk membuka / menutup katup sepenuhnya. Untuk gate valve, hubungan antara aliran vertikal gerbang dan laju aliran adalah nonlinier, dengan perubahan tertinggi terjadi di dekat penghentian. Ketika digunakan untuk mengatur aliran, kecepatan aliran yang relatif tinggi pada bukaan parsial menghasilkan keausan gerbang dan seat, yang bersama dengan kemungkinan getaran gerbang. Ini akan memperpendek masa pakai katup.

Tipe dan Desain

Gate valve tersedia dalam berbagai desain, yang masing-masing menggunakan teknologi berbeda untuk memenuhi berbagai keperluan aplikasi.

Bonnet

Bonnet melindungi bagian internal gate valve. Itu disekrup atau dibaut ke badan katup, membuat segel anti bocor. Oleh karena itu, dapat dilepas untuk keperluan perbaikan atau pemeliharaan. Tergantung pada aplikasinya, katup gerbang dapat memiliki penutup sekrup-in, penyatuan, baut, atau segel tekanan.

Screw-In Bonnet

Screw-in Bonnet adalah yang paling sederhana dalam konstruksi. Mereka umum di valve ukuran kecil dan memberikan segel anti bocor yang tahan lama.

Union Bonnet

Union Bonnet Gate Valve

Union Bonnet Gate Valve

Union dipasang di tempatnya dengan union mur. Mur serikat berada di tepi bawah kap dan disekrup ke ulir badan katup Jenis desain ini memastikan bahwa segel anti bocor yang dibuat oleh mur tidak rusak dengan seringnya melepas bonnet. Oleh karena itu, union bonnet umum digunakan untuk aplikasi yang memerlukan inspeksi atau perawatan rutin.

Bonnet Baut

Bonnet yang dibaut memberikan penyegelan pada katup yang lebih besar dan aplikasi bertekanan lebih tinggi. Pada tipe ini, bonnet dan badan valve diikat dan dibaut menjadi satu.

Pressure Seal Bonnet

Gate valve segel tekanan ideal untuk aplikasi tekanan tinggi (lebih dari 15 MPa). Jenis konstruksi ini menggunakan tekanan internal untuk membuat segel yang lebih baik. Bonnet seal bertekanan memiliki mangkuk yang menghadap ke bawah yang dimasukkan ke dalam badan valve. Ketika tekanan fluida internal meningkat, cangkir didorong ke luar, memperbaiki segel.

Gates

Gate (Gerbang) tersedia dalam berbagai desain dan teknologi untuk menghasilkan penyegelan yang efektif untuk berbagai pengaplikasian.

Wedge Gates

Di sebagian besar valve gerbang, gate memiliki bentuk wedge dan terletak di dua seat miring. Selain gaya utama yang diciptakan oleh tekanan fluida, gaya ganjalan tinggi pada seat yang diciptakan oleh pengencangan batang membantu penyegelan. Gerbang berbentuk baji tidak menempel pada seat jika terjadi tekanan diferensial cairan yang tinggi dan memiliki masa pakai yang lebih lama karena lebih sedikit “gesekan” pada seat.

Perbedaan Wedge Gate Valve dan Parallel Gate Valve

Perbedaan Wedge Gate Valve dan Parallel Gate Valve

Parallel Slide Gate

Gate valve juga bisa dibuat dalam bentuk paralel di mana pintu gerbang datar, dan seat sejajar. Parallel gate valve menggunakan tekanan garis dan pemosisian untuk membuat segel yang rapat. Gerbang datar terdiri dari dua bagian dan memiliki pegas di tengahnya. Pegas mendorong potongan ke arah kursi untuk penyegelan yang lebih baik. Karena desain bawaannya, gate valve pararel miliki keunggulan keamanan dalam aplikasi suhu yang lebih tinggi. Pada valve berbentuk wedge, beban kompresi tambahan pada seat dapat mengakibatkan pengikatan termal dan pembukaan valve yang terbatas karena ekspansi. Lebih jauh lagi, karena tidak ada aksi wedging di gate paralel, torsi penutup relatif lebih kecil, menghasilkan aktuator yang lebih kecil dan lebih murah atau upaya manual yang lebih sedikit. Karena bergeser ke posisinya, gerbang paralel menjauhkan kotoran dari permukaan seat.

Slab Gate

Slab Gate Valve

Slab Gate Valve

Slab gate, juga disebut through-conduit gate valve, adalah gerbang satu unit yang mencakup lubang ukuran lubang. Dalam keadaan terbuka, lubang sejajar dengan dua cincin kursi. Penjajaran ini menciptakan aliran yang mulus dengan turbulensi minimal. Desain unik ini memungkinkan hilangnya tekanan minimal pada sistem dan sangat cocok untuk pengangkutan cairan minyak mentah dan gas alam (NGL). Valve seat tetap bersih. Namun, rongga cakram dapat menangkap material asing. Oleh karena itu, rongga biasanya memiliki steker built-in untuk tujuan pemeliharaan untuk mengeringkan material asing yang terkumpul.

Parallel Expanding Gate

Gate valve yang diperluas memiliki dua gerbang pelat yang menyediakan penyegelan melalui ekspansi mekanis gerbang. Saat diangkat, kedua rongga slab gate memungkinkan media mengalir. Gaya ke atas pada satu pelat dan penghentian pelat kedua, dengan langkah di badan katup, memungkinkan ekspansi mekanis ke luar untuk segel yang tepat. Saat ditutup, gerbang pelat memblokir aliran fluida, dan gaya ke bawah (stem) pada satu pelat dan gaya ke atas (langkah dalam badan katup) memungkinkan ekspansi mekanis ke luar untuk segel yang tepat. valve ini memberikan segel yang efektif secara bersamaan untuk seat hulu dan hilir. Segel ini membuatnya ideal untuk aplikasi seperti isolation valve di Power Plant, Block valve dalam sistem proses, dan High-temperature valve di Refineries.

Expanding gate functioning

Expanding gate functioning

Knife Gate

Knife gate valve untuk cairan kental dan padatan curah kering. Gerbangnya hanya berupa sepotong logam yang biasanya runcing. Katup ini membersihkan sendiri saat melewati cincin kursi setiap kali membuka dan menutup.

Desain Stem

Pintu gerbang dinaikkan dan diturunkan dengan memutar threaded stem. Roda atau aktuator manual memutar batang. Bergantung pada desainnya, batangnya dianggap naik atau tidak naik. Jadi, saat Anda memutar batang, batang akan naik atau tetap di tempatnya dengan putaran. Screw luar dan Yoke (OS&Y), juga disebut sebagai rising stem (batang naik), dipasang ke pintu gerbang. Oleh karena itu, utas berada di sisi aktuasi. Jadi, saat gerbang dinaikkan atau diturunkan, batangnya ikut bergerak naik turun. Akibatnya, mereka memiliki indikator visual built-in dari keadaan katup dan mudah dilumasi. Karena memiliki komponen yang bergerak, mereka tidak dapat digunakan dengan roda gigi bevel atau aktuator. Oleh karena itu, gate valve naik cocok untuk penggerak manual. Di sisi lain, stem yang tidak naik dipasang ke aktuator dan diulirkan ke gerbang. Indikator sering dipasang ke stem untuk menunjukkan keadaan katup terbuka atau tertutup. Katup gerbang non-naik umum terjadi pada instalasi dan aplikasi bawah tanah dengan ruang vertikal terbatas.

Mekanisme rising stem gate valve dan non-rising stem gate valve

Mekanisme Rising Stem Gate Valve dan Non-rising Stem Gate Valve

Disk

Gate valve tersedia dengan disk yang berbeda. Rentang valve ini biasanya dibuat berdasarkan jenis wedge yang digunakan. Jenis wedge (baji) yang paling umum adalah:

  • Solid wedge (Baji padat)  adalah cakram yang paling umum digunakan karena kesederhanaan dan kekuatannya. valve dengan jenis wedge ini dapat dipasang di setiap posisi dan cocok untuk hampir semua cairan. Baji padat adalah konstruksi padat satu bagian, dan praktis untuk aliran turbulen.
  • Flexible wedge (Baji fleksibel) adalah cakram satu bagian dengan potongan di sekeliling untuk meningkatkan kemampuan memperbaiki kesalahan atau perubahan sudut antara kursi. Pengurangan akan bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan kedalaman. Potongan yang dangkal dan sempit memberikan sedikit fleksibilitas tetapi mempertahankan kekuatan. Potongan yang lebih dalam dan lebih lebar, atau ceruk cast-in, menyisakan sedikit bahan di tengah, yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas, tetapi mengurangi kekuatan.
  • Split wedge dapat diatur sendiri dan diatur sendiri ke kedua sisi seat. Jenis wedge ini terdiri dari konstruksi dua bagian yang duduk di antara kursi meruncing di badan katup. Jenis wedge ini cocok untuk pengolahan gas dan cairan non-kondensasi pada suhu normal, terutama cairan korosif.Wedges In Gate Valve

FAQ

Apa Itu Gate Valve ?

Gate Valve (Katup gerbang) adalah katup yang mengontrol aliran/fluida dengan mengangkat gerbang (terbuka) dan menurunkan gerbang (tertutup).

Bagaimana Cara Kerja Gate Valve ?

Gate Valve bekerja dengan memutar pegangan manual sehingga stem menggerakkan gerbang ke atas dan ke bawah. Saat gerbang naik, gerbang itu membuka dan menutup aliran/fluida.

Keuntungan Gate Valve ?

Fitur penutup yang bagus
Gate valve mimiliki dua arah
Meminimalisir Kehilangan tekanan

Kelemahan Gate Valve ?

Tidak bisa dibuka atau ditutup dengan cepat
Gate Valve tidak cocok untuk mengatur atau aliran throttle
Peka terhadap getaran dalam keadaan terbuka