• Jalan Danau Sunter Utara, Rukan Sunter Permai, Blok D No. 20, Jakarta Utara

Globe Valve Katup

Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang jenis valve yaitu gate valve. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari jenis valve yang berikutnya yang tidak jauh berbeda yaitu Globe Valve.

Definisi

Globe Valve adalah linear motion valve (katup gerak linear) dan dirancang untuk menghentikan, memulai, dan mengatur aliran. Disk globe valve dapat benar-benar dihilangkan dari flowpath atau dapat sepenuhnya menutup flowpath. Globe valve konvensional dapat digunakan untuk aplikasi isolasi dan throttling. Meskipun valve ini menunjukkan penurunan tekanan yang sedikit lebih tinggi daripada katup aliran lurus (misalnya, gate valve, plug valve, ball valve, dll.), semua valve itu dapat digunakan di mana penurunan tekanan melalui valve bukan faktor pengendali. Karena seluruh tekanan sistem yang diberikan pada disk ditransfer ke stem valve, batas ukuran praktis untuk valve ini adalah NPS 12 (DN 300). Globe valve yang lebih besar dari NPS 12 (DN 300) adalah pengecualian. Karena valve yang lebih besar akan mengharuskan kekuatan besar diberikan pada stem untuk membuka atau menutup katup di bawah tekanan. Katup globe dalam ukuran hingga NPS 48 (DN 1200) telah diproduksi dan digunakan diberbagai industri seluruh dunia. Katup globe secara ekstensif digunakan untuk mengontrol aliran, dengan kisaran kontrol aliran, penurunan tekanan, dan tugas harus dipertimbangkan dalam desain valve untuk menghindari kegagalan dini dan untuk memastikan fungsi yang memuaskan. Valve yang mengikuti high-differential pressure-throttling service membutuhkan valve trim yang dirancang khusus. Umumnya tekanan diferensial maksimum di seluruh disk valve tidak boleh melebihi 20 persen dari tekanan upstream maksimum atau 200 psi (1380 kPa), bisa jadi dibawah itu. valve dengan trim khusus dapat dirancang untuk aplikasi yang melebihi batas tekanan diferensial ini.

Desain Globe Valve

Ada tiga desain bodi primer untuk globe valve, yaitu: Tee Pattern atau Z-body, Angle Pattern dan Wye Pattern atau Y-body.

TEE PATTERN (Z-Body)

Tee Pattern Globe Valve

Tee Pattern Globe Valve

Desain Tee Pattern atau Z-Body pada globe valve adalah tipe body yang paling umum, dengan diafragma berbentuk Z. Pengaturan horizontal seat memungkinkan stem dan disk untuk melakukan perjalanan tegak lurus ke garis horizontal. Desain ini memiliki koefisien aliran terendah dan penurunan tekanan yang lebih tinggi. Mereka digunakan dalam layanan throttling parah, seperti di garis bypass di sekitar control valve. Globe valve bermotif tee juga dapat digunakan dalam aplikasi di mana penurunan tekanan tidak menjadi perhatian dan throttling diperlukan.

ANGLE PATTERN

Angle Pattern Globe Valve

Angle Pattern Globe Valve

Angle Pattern Globe Valve adalah modifikasi dari basic valve Tee Pattern Globe. Ujung globe valve ini berada pada sudut 90 derajat, dan aliran cairan terjadi dengan satu belokan 90 derajat. Valve ini memiliki koefisien aliran yang sedikit lebih rendah daripada globe  valve wye-pattern. Sehingga dapat digunakan dalam aplikasi yang memiliki aliran pulsating periode karena kemampuan mereka untuk menangani efek slugging dari jenis aliran ini.

WYE PATTERN (Y-Body)

Wye Pattern Globe Valve

Wye Pattern Globe Valve

Wye Pattern atau Y-Body Globe Valve adalah alternatif untuk penurunan tekanan tinggi pada globe valve. Seat dan stem bersudut pada sekitar 45 derajat memberikan flowpath lurus pada pembukaan penuh dan menawarkan resistensi paling sedikit untuk mengalir. Valve ini dapat retak terbuka untuk waktu yang lama tanpa erosi parah. Mereka banyak digunakan untuk throttling selama operasi musiman atau startup.Item ini dapat menjadi tiang melalui untuk menghilangkan puing-puing ketika digunakan dalam saluran pembuangan yang biasanya tertutup.

Disk, Seat and Stem

Bagian dari globe valve yang berikutnya adalah disk, seat, dan stem. Ini memiliki sedikit perbedaan dengan valve lainnya.

Disk

Desain disk yang paling umum untuk globe valve adalah: ball disk (disk bola), composition disk (disk komposisi) and the plug disk (disk steker). Desain disk bola digunakan terutama dalam sistem tekanan rendah dan suhu rendah. Ini mampu aliran throttling, tetapi pada prinsipnya diterapkan untuk menghentikan dan memulai aliran. Desain disk komposisi menggunakan cincin sisipan non-logam yang keras pada disk, yang memastikan penutupan yang lebih ketat. Desain disk steker memberikan throttling yang lebih baik daripada desain bola atau komposisi. Mereka tersedia dalam banyak desain yang berbeda dan semuanya panjang dan meruning.

Seat

Seat globe valve terintegrasi atau melekat ke body valve. Banyak katup Globe memiliki seat belakang di dalam Bonnet. Seat belakang menyediakan segel antara stem dan Bonnet serta mencegah tekanan sistem dari bangunan terhadap packing valve, ketika valve sepenuhnya terbuka. Seat belakang sering diterapkan di globe valve.

Stem

Globe valve menggunakan dua metode untuk menghubungkan disk dan stem: T-slot dan konstruksi disk nut. Dalam desain T-slot, disk meluncur di atas stem, sementara dalam desain disk nut, disk disekrup ke dalam stem.

Desain globe valve : Tee Pattern atau Z-body, Angle Pattern dan Wye Pattern atau Y-body.

Desain Globe Valve : Tee Pattern (Z-body), Angle Pattern dan Wye Pattern (Y-body).

Konstruksi dan Struktur

Globe valve biasanya memiliki stem yang naik, dan ukuran yang lebih besar adalah konstruksi screw dan yoke luar. Komponen globe valve mirip dengan gate valve. Jenis katup ini memiliki kursi di bidang paralel atau cenderung ke garis aliran. Pemeliharaan globe Globe relatif mudah, karena disk dan seat mudah diperbaharui atau diganti. Ini membuat katup Globe sangat cocok untuk pengaplikasian yang membutuhkan pemeliharaan valve yang rutin. Di mana katup dioperasikan secara manual, perjalanan disk yang lebih pendek menawarkan keuntungan dalam menghemat waktu operator, terutama jika valve sering disesuaikan. Variasi utama dalam desain globe valve adalah pada jenis disk yang digunakan. Disk tipe colok memiliki konfigurasi meruning yang panjang dengan permukaan bantalan yang lebar. Jenis kursi ini memberikan ketahanan maksimum terhadap aksi erosif aliran cairan. Pada disk komposisi, cakram memiliki permukaan datar yang ditekan terhadap pembukaan seat seperti topi. Jenis pengaturan seat ini tidak cocok untuk throttling tekanan diferensial tinggi. Pada globe valve cast iron, seat ring dan seat biasanya terbuat dari perunggu. Pada globe valve steel untuk suhu hingga 750 ° F (399 ° C), trim umumnya terbuat dari stainless steel dan sehingga memberikan ketahanan untuk seizing dan galling. Bahan trim lainnya, termasuk paduan berbasis cobalt-based alloys, juga digunakan. Permukaan seat digiling untuk memastikan kontak permukaan full-bearing ketika katup ditutup. Untuk kelas tekanan yang lebih rendah, penyelarasan dipertahankan oleh long disc locknut. Untuk tekanan yang lebih tinggi, disk guide dilemparkan ke dalam body valve. Disc menjadi bebas dan pada stem untuk mencegah galling permukaan disc dan seat ring. Stem menanggung terhadap hardened thrust plate, menghilangkan galling stem dan disc pada titik kontak.

Flow Direction

Untuk aplikasi dengan suhu rendah, globe valve biasanya dipasang sehingga tekanan berada di bawah disk. Ini berkontribusi pada operasi yang mudah dan membantu melindungi packing. Untuk aplikasi dengan layanan uap suhu tinggi, globe valve dipasang sehingga tekanan berada di atas disk. Jika tidak, stem akan berkontraksi pada pendinginan dan cenderung mengangkat disk dari seat.

FAQ

 

Keuntungan Menggunakan Globe Valve ?

1. Kemampuan shutoff yang baik
2. Kemampuan throttling sedang hingga baik
3. Stroke yang lebih pendek (dibandingkan dengan katup gerbang)
4. Tersedia dalam pola tee, wye, dan angle, masing-masing menawarkan kemampuan unik
5. Dengan cakram yang tidak melekat pada batang, katup dapat digunakan sebagai katup stop-check

Kelemahan Menggunakan Globe Valve ?

1. Penurunan tekanan yang lebih tinggi (dibandingkan dengan gate valve)
2. Membutuhkan kekuatan yang lebih besar atau aktuator yang lebih besar untuk seat katup (dengan tekanan di bawah seat)
3. Aliran throttling di bawah seat dan aliran shutoff di atas seat

Globe Valve dapat diaplikasikan untuk apa?

1. Sistem air pendinginan di mana aliran perlu diatur.
2. Sistem oli bahan bakar di mana aliran diatur dan kebocoran sangat penting.
3. Ventilasi titik tinggi dan saluran pembuangan titik rendah ketika kebocoran dan keamanan adalah pertimbangan utama.
4. Air pakan, pakan kimia, ekstraksi udara kondenser, dan sistem pembuangan ekstraksi.
5. Ventilasi boiler dan saluran pembuangan, ventilasi uap utama dan saluran pembuangan, dan saluran pemanas.
6. Segel dan saluran pembuangan turbin.
7. Sistem oli pelumas turbin dan lainnya.

Post comment