• Jalan Danau Sunter Utara, Rukan Sunter Permai, Blok D No. 20, Jakarta Utara

Mengenal plug valve : Definisi, Bagian Valve, Fungsi dan Kelebihannya

 

Apa itu Plug Valve ?

Plug Valve atau Katup Sumbat adalah katup gerak seperempat putaran yang menggunakan tapered atau silinder plug seperti “sumbat” untuk menghentikan atau memulai aliran.

Dalam posisi terbuka, jalur plug berada dalam satu baris dengan port inlet dan outlet body valve. Jika steker 90° diputar dari posisi terbuka, bagian padat dari steker menghalangi port dan menghentikan aliran. Plug valve mirip dengan ball valve.

Posisi Plug Valve

Posisi Plug Valve

Bagian-Bagian Plug Valve

Plug valve terdiri dari body, Bonnet, Stem dan Plug. Seat merupakan bagian integral dari body jika berjenis berpelumas. Untuk tipe non-lubricated, sear non-metallic digunakan untuk meningkatkan kekencangan valve.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini :

Bagian-bagian Plug Valve

Bagian-bagian Plug Valve

Plug Port

Karakteristik penting dari plug valve adalah adaptasinya yang mudah untuk konstruksi multiport. Valve multiport banyak digunakan. Pemasangannya bisa menyederhanakan sistem perpipaan, dan memberikan pengoperasian yang lebih nyaman daripada beberapa gate valve.

Penggunaan valve multiport, tergantung pada jumlah port di plug valve, bisa mengurangi kebutuhan sebanyak empat katup penutup konvensional.

Plug valve biasanya digunakan dalam operasi non-throttling, on-off, terutama di mana pengoperasian valve yang sering dibutuhkan.

Valve ini biasanya tidak direkomendasikan untuk layanan throttling karena, seperti katup gerbang, persentase perubahan aliran yang tinggi terjadi di dekat penghentian dengan kecepatan tinggi. Namun, port berbentuk berlian telah dikembangkan untuk layanan throttling.

Multiport Plug Valves

Valve multiport sangat menguntungkan pada jalur transfer dan untuk layanan pengalihan. Katup multiport tunggal dapat dipasang sebagai pengganti tiga atau empat gate valve atau jenis katup penutup lainnya.

Kerugiannya adalah banyak konfigurasi valve multiport tidak sepenuhnya mematikan aliran.

Dalam kebanyakan kasus, satu jalur aliran selalu terbuka. Katup-katup ini dimaksudkan untuk mengalihkan aliran dari satu saluran sambil menghentikan aliran dari saluran lainnya.

Jika pemutusan aliran total adalah persyaratan, maka diperlukan jenis valve multiport yang memungkinkan hal ini, atau katup sekunder harus dipasang pada saluran utama di depan valve multiport untuk memungkinkan pemutusan aliran total.

Dalam beberapa konfigurasi multiport, aliran simultan ke lebih dari satu port juga dimungkinkan. Perhatian yang baik harus diberikan dalam menentukan pengaturan port tertentu yang diperlukan untuk menjamin bahwa operasi yang tepat akan dimungkinkan.

Jenis Plug Valve

Plug valve tersedia dalam desain non-lubricated (tanpa pelumas) atau lubricated (berpelumas).

Lubricated Plug

Jarak bebas dan pencegahan kebocoran adalah pertimbangan utama dalam plug valve. Banyak plug valve terbuat dari konstruksi logam. Dalam versi ini, celah sempit di sekitar plug dapat menyebabkan kebocoran.

Jika celah dikurangi dengan menenggelamkan taper plug lebih dalam ke dalam bodi, torsi penggerak naik dengan cepat dan dapat terjadi galling. Untuk memperbaiki kondisi ini, serangkaian lekukan di sekitar bodi dan bukaan port plug disuplai dengan minyak sebelum pengaktifan.

Mengoleskan grease akan melumasi gerakan steker dan menutup celah antara steker dan body. Grease yang disuntikkan ke dalam fitting di bagian atas batang mengalir ke bawah melalui check valve di lorong, melewati bagian atas steker ke alur di steker, dan turun ke bawah ke bawah steker.

Pelumas harus sesuai dengan suhu dan sifat fluida. Semua produsen plug valve berpelumas telah mengembangkan serangkaian pelumas yang kompatibel dengan berbagai media. Rekomendasi mereka harus diikuti untuk pelumas mana yang paling cocok untuk servis.

Cairan yang paling umum dikendalikan oleh plug valve adalah gas dan hidrokarbon cair. Beberapa saluran air memiliki katup ini, asalkan kontaminasi pelumas bukan bahaya yang serius.

Lubricated plug valve mungkin sebesar 24 inci dan memiliki kemampuan tekanan hingga 6000 psig. Untuk body baja atau besi tersedia. Plug (Steker) bisa berbentuk silinder atau meruncing.

Non-lubricated Plug

Ada dua tipe dasar plug valve tanpa pelumas : tipe angkat dan selongsong elastomer atau dilapisi sumbat.

Katup tipe angkat menyediakan sarana untuk secara mekanis mengangkat sumbat tirus sedikit untuk melepaskannya dari permukaan tempat duduk untuk memudahkan rotasi. Pengangkatan mekanis dapat dilakukan dengan bubungan atau tuas eksternal.

Dalam katup sumbat umum yang tidak berlubrikasi yang memiliki selongsong elastomer, selongsong TFE mengelilingi sumbat seluruhnya. Itu ditahan dan dikunci di tempatnya oleh badan logam.

Desain ini menghasilkan segel primer yang dipertahankan antara selongsong dan steker setiap saat terlepas dari posisinya. Selongsong TFE tahan lama dan lembam untuk semua kecuali beberapa bahan kimia yang jarang ditemui. Ia juga memiliki koefisien gesekan yang rendah dan, oleh karena itu, dapat melumasi sendiri.

Disk Plug Valve

Colokan port persegi panjang adalah bentuk port yang paling umum. Port persegi panjang mewakili 70 hingga 100 persen dari luas pipa internal.

Berikut adalah bentuk plug yang sering digunakan untuk plug valve :

  • Rectangular Port
  • Round Port
  • Diamond Port

Di sini, di gambar, Anda dapat melihat steker lancip dengan desain Rectangular, Round, dan Diamond Port.

Tipe Disk Plug Valve

Tipe Disk Plug Valve

Rectangular Port Plug

Bentuk port yang paling umum adalah port persegi panjang (Rectangular Port Plug). Port persegi panjang mewakili setidaknya 70% dari luas penampang pipa yang sesuai.

Round Port Plug

Port bulat (Round Port Plug) adalah istilah yang menggambarkan valve yang memiliki bukaan bulat melalui plug. Jika port memiliki ukuran yang sama atau lebih besar dari diameter dalam pipa, itu disebut sebagai port penuh.

Jika bukaan lebih kecil dari diameter dalam pipa, port tersebut disebut sebagai port bulat standar. Valve yang memiliki port bulat standar digunakan hanya jika pembatasan aliran tidak penting.

Diamond Port Plug

Steker port berlian (Diamond Port Plug) memiliki port berbentuk berlian melalui port. Desain ini untuk layanan pelambatan. Semua valve port berlian adalah tipe aliran terbatas venturi.

Plug Valve Manual Operation

Saat pemasangan plug valve, harus memberikan ruang untuk pengoperasian pegangan, tuas, atau wrench.

Operator manual biasanya lebih panjang dari valve, dan berputar ke posisi sejajar dengan pipa dari posisi 90° ke pipa.

Plug Valve Gland

Gland plug valve setara dengan bonnet gate valve atau ball valve. Gland mengamankan stem assembly ke body valve. Ada tiga jenis gland umum: single gland, screwed gland, and bolted gland.

Untuk memastikan katup kencang, steker harus selalu terpasang. Penyetelan gland harus dijaga cukup ketat untuk mencegah steker terlepas dan membuka permukaan seat ke cairan yang beroperasi.

Perhatian harus diberikan agar tidak terlalu mengencangkan gland, yang akan mengakibatkan kontak metal-to-metal antara body dan steker. Kontak metal-to-metal seperti itu menciptakan gaya tambahan yang akan membutuhkan usaha lebih untuk mengoperasikan valve.

Pengaplikasian

Sebuah Plug Valve dapat digunakan di banyak penggunaan fluida yang berbeda dan valve ini bekerja dengan baik dalam aplikasian berbentuk bubur. Berikut ini adalah beberapa aplikasi tipikal dari plug valve:

  • Pengaplikasian pada media udara, gas, dan uap
  • Sistem perpipaan gas alam (LNG)
  • Sistem perpipaan minyak (LNG)
  • Vakum untuk aplikasi bertekanan tinggi